Mengatasi Kotak Komentar Tidak Keluar

Hallo, gimana kabarnya sobat blogger? Moga tetep semangat ya ngeblognya.
OK, langsung saja pada permasalahan. Seminggu yang lalu udik (juga temen udik JUNGLE) punya masalah dengan kotak komentar yang gak keluar. Udah gogling sana gogling sini jungkir balik cari info untuk mengatasi masalah tetep hasilnya nihil. Dari sekian banyak blog yg udik buka, untuk mengatasi kotak komentar yang hilang, selalu hampir sama solusinya yaitu suruh cari kode /*comment_wrapper padahal tidak semua template ada kode tersebut terutama template blogger yang baru. Udah sampai 3 hari udik cari gak ketemu juga. Akhirnya dengan rasa penasaran kucari lagi kode yang mirip dengan kode setelah kode /*comment_wrapper. Dengan sedikit mata melotot kususuri kode satu persatu sampai akhirnya udik menemukan kode <b:if cond='data:post.allowComments'>. Kemudian udik utak-atik, bongkar pasang, taruh lagi hapus lagi kode tersebut. Dan akhirnya dengan perasaan lega kotak komen itu muncul juga. Tapi…. Kok kotaknya ada dua (pusing). Ato mungkin tuh template kasihan ama udik setelah tiga hari melototi dan mengutak-atik tuh kode, jadi kotaknya dikasih dua.

Bagi para newbie seperti udik yg punya masalah tersebut, mungkin ini bisa menjadi petunjuk untuk mengatasi masalah, tapi terus terang ini belum sempurna karena kotak komentarnya masih ada dua. Masih mending daripada gak ada sama sekali.

OK langsung aja sobat. Pertama tentu sobat harus buka blogger sobat terus langsung ke menu Tata Letak - Edit HTML centang kotak kecil disamping tulisan Expand Template Widget terus cari aja kode

<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>

Setelah ketemu ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini

<p class='comment-footer'> <b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/> <b:else/>
<b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a> </b:if> </b:if> </p>

Sudah, kalo sudah kita terusin lagi dengan mencari kode <b:include data='post' name='comments'/>, taruh kode berikut di bawah kode tadi. ini kodenya <b:include data='post' name='comment-form'/>. Kemudian lihat dulu hasil editing sobat dengan mengklik Pratinjau kalo udah OK simpan hasil editing kode tersebut, Selesai. Tapi perlu sobat ingat cara ini belum sempurna karena kotak komentar tampilannya masih ada dua. Mungkin para sobat blogger punya solusi untuk mengatasi tampilan kotak tersebut bisa share ke udik.

Itu sedikit Tips dan trik dari udiik, sekarang sobat bisa mencobanya dan semoga berhasil!! Dan jangan lupa komennya, OK!!

6 Obrolan seru!

Numpang lewat...ah....eh...mathabbbb...

Mbak, aku kok gak berhasil ya....yang ini tak coba...yang postingan panjenengan satunya juga....tapi gak berhasil juga...hik-hik....

makasih infonya bozz..blogwalking neh...

work to me gan..............

Wah info menarik nih... kebetulan blog saya juga ilang kotak & komentarnya... coba nggak ya?....

Mohon komentar dengan sopan, SARA atau menaruh LINK Aktif di kotak komentar tidak akan muncul
Show EmoticonHide Emoticon