-->

Kemegahan Candi Prambanan

Candi PrambananKemegahan Candi Prambanan. Candi Prambanan merupakan candi Hindu terbesar di Asia Tenggara dan memiliki 3 candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi tersebut adalah lambing Trimurti dalam kepercayaan agama Hindu. Ketiga candi itu menghadap ke timur. Setiap candi utama memiliki satu candi pendamping yang menghadap ke barat, yaitu Nandini untuk Siwa, Angsa untuk Brahma, dan Garuda untuk Wisnu. Selain itu, masih terdapat 2 candi apit, 4 candi Kelir, dan 4 candi Sudut. Sementara, halaman kedua memiliki 224 candi.

candi prambanan

Memasuki candi Siwa yang terletak di tengah dan bangunannya paling tinggi, anda akan menemui 4 buah ruangan. Satu ruangan utama berisi arca Siwa, sementara 3 ruangan yang lain masing-masing berisi arca Durga (istri Siwa), Agastya (guru Siwa), dan Ganesha (putra Siwa). Arca Durga itulah yang disebut-sebut sebaai arca Roro Jonggrang dalam legenda candi Prambanan.

Dibagian utara dan selatan terdapat dua buah candi yang dinamakan candi Apit. Menurut informasi pemandu yang ada di Prambanan, candi Apit ini berfungsi untuk mengapit ketiga candi Wahana. Selain itu terdapat candi Kelir yang berfungsi sebagai pembatas area candi Prambanan.

Transportasi
Dari bandara Adi Sucipto. Untuk menuju kawasan wisata candi Prambanan sebaiknya kalau tidak menggunakan mobil pribadi lebih baik menggunakan taksi dengan jarak tempuh kurang lebih 15 menit (sekitar 8 KM) menuju Prambanan. Untuk ongkos taksinya anda perlu merogoh kantong sekitar 30 ribu.


2 Obrolan seru!

artikel terkait ttg pembangunan candi prambanan neh an kasih linknya http://besmartbepositif.blogspot.com/2012/02/12-november-856-778-saka.html

lama gak kemari
tiket masuknya sekarang berapa ya???

Mohon komentar dengan sopan, SARA atau menaruh LINK Aktif di kotak komentar tidak akan muncul
Show EmoticonHide Emoticon