News Update :
Home » » Kejanggalan Teks Proklamasi

Kejanggalan Teks Proklamasi

Kejanggalan Pada Teks ProklamasiSaya sempat penasaran suatu saat ketika melihat teks proklamasi asli yang dibuat pada tahun 1945. Menurutku ada yang janggal pada teks proklamasi Indonesia yang asli tersebut. Bahkan ketua DPR Agung Laksono pernah ditertawakan hadirin ketika membacakan teks proklamasi tersebut pada HUT RI ke-61, karena menyebut hari 17 boelan 8 tahoen ’05. Mungkin sobat ada yang belum tahu kejanggalan pada teks proklamasi tersebut?

Coba lihat dengan teliti apa kejanggalan yang ada pada teks proklamasi pada gambar di bawah ini?


Tepat, kejanggalan yaitu ada pada tanggal teks proklamasi tersebut yaitu hari 17 boelan 8 tahoen ’05. Lha emang apa yang janggal? Sebenarnya ga’ janggal atau aneh sih, cuma aq yang lom tahu aja. Kenapa tahun pada tanggal tersebut di tulis “05” koq ga’ 1945. Lha emang Indonesia merdeka tahun 2005?

Kenapa tahunnya ditulis “05” karena pada waktu itu penulisan tanggal memakai tahun Jepang yaitu Showa yang waktu itu dipakai oleh Indonesia. Tahun 1945 Masehi pada waktu itu sama dengan tahun Jepang 2605 Showa. Jadi penulisan tanggal pada teks proklamasi tersebut mengikuti tahun Jepang 2605 Showa yang disingkat “05”

loading...

Ditulis Oleh : Nadya Hasyim ~ Tips dan Trik Blogspot

Hasyim Sobat sedang membaca artikel tentang Kejanggalan Teks Proklamasi. Oleh Admin, Sobat diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

2 komentar:

Anonymous said...

ahhh itu diedit pake photoshop.... bisa2nya aja keadaan negara lagi kacau gini mau bikin geger dengan teks proklamasi yang dibikin "ORANG YANG BARU BELAJAR PHOTOSHOP" ..... hahahahha come on... do something more useful for ur own country!! instead making bad news and influencing other "un-busy /un-employee people among us... kita dah jatoh banget kali negaranya!!!!!!!!! tolong deeeh...!

Ridwan Al Akhyar Aunurrohim said...

Thanks buat infonya.

Post a Comment

Mohon komentar dengan sopan, SARA atau menaruh LINK Aktif di kotak komentar akan dihapus

 
Support : Copyright © 2011. UDIK-NET - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger