-->

Belajar Ngeblog

Belajar NgeblogTulisan tak berguna ini mungkin bisa sedikit memberi gambaran kepada para newbie yang lagi belajar bisnis online ngeblog kayak saya ini. Atau setidaknya tulisan saya ini sudah membuat uneg-uneg dalam pikiran saya ini tentang "tidak gampangnya membuat blog kita terkenal" tersalurkan. Waktu membuat blog dulu sempat terlintas di pikiran saya wah... enak banget ya punya blog banyak pengunjung dan bisa dapet dollar perbulan cuma dengan rajin mempostingnya. Banyak pikiran, ide, dan rasa penasaran muter-muter di otakku yang nggak pintar ini. Selama 2 bulan saya rajin sekali memposting. Segala macam artikel kumasukkan semua dengan harapan agar blog yang sudah saya kelola bisa segera diindeks oleh simbah google dan banyak pengunjungnya.


Tau ndiri kan kalo blog sudah banyak pengunjung berarti kemungkinan untuk mengais duit lewat blog kan jadi terbuka lebaaaarr.... Usaha mempercantik blog juga sudah kulakukan agar pengunjung lebih betah muter-muter (pusing ga' lo). Informasi seputar blogging dari master-master blog seperti blognya Kang Rohman, Mas Fatih Suhud, Mas Hakimtea, dll (trima kasih artikelnya sudah banyak membantu saya) juga sudah kuceker-ceker (ayam kali). Tapi ternyata hasilnya hanya sedikit membuat vivir saya tersenyum (masih manyun). Buat Kang Rohman, Mas Fatih Suhud, Mas Hakimtea maaf bukannya artikel mas yang kurang bagus tapi memang dasar otakku saya yang UDIK kali ya? lagi belajar bisnis online ngeblog sih. Itulah pengalaman saya waktu pertama ngeblog.

Saya sempet baca artikel dari mas zalukhu yang judulnya Meningkatkan pengunjung blog (sebuah rangkuman), isi dari artikel itu sedikit memberi pencerahan kepada saya mengenai cara meningkatkan pengunjung blog (trima kasih mas, semoga tulisannya membawa manfaat). Memang setelah membaca dan menelaah artikel dari semua master blog di atas saya sadar ternyata untuk menarik pengunjung sebuah blog yang dibutuhkan bukan hanya rajin memposting dan mempercantik blog saja. Banyak strategi jitu dari para master blog yang bisa menjadi acuan kita untuk meningkatkan trafik pengunjung atau page rank sebuah blog. Salah satunya adalah judul artikel mas Zalukhu seperti di atas. Artikel yang berjudul Meningkatkan page rank dengan jaringan link milik blognya Kang Rohman juga pantas disimak.

Kesabaran dan juga sering berkunjung "silaturrahiim" ke blog lain menurut para master juga bisa mengangkat derajat blog kita. Dengan berkunjung dan memberi komentar yang berbobot (tidak asal) membuat blog kita dikenal oleh para blogger. Itulah sedikit gambaran dari pengalaman saya waktu pertama kali ngeblog (mungkin sampai sekarang hiks..). Semoga para bloger-bloger muda tidak mudah putus asa dan selalu bersabar untuk terus mengisi artikel yang berkualitas. Dan seringlah bersilaturrohiim....

Mohon komentar dengan sopan, SARA atau menaruh LINK Aktif di kotak komentar tidak akan muncul
Show EmoticonHide Emoticon