-->

Memilih dan Merawat CD untuk Backup Data

Elo mungkin pernah punya pengalaman waktu mo buka CD ternyata error padahal tuh CD lom lama, masih untung kita kalo file yang ada di CD itu nggak terlalu penting, tapi kalo di dalam CD itu ada file2 penting gimana? Berabe kan? Mungkin ada beberapa penyebab kondisi eror yang umum didapati misalnya:
  1. CD tergores di bagian recording layer / non-recording layer
  2. CD melengkung / tidak rata
  3. Muncul semacam karat plastik ato apalah namanya yang jelas warnanya coklat seperti CD ketumpahan zat kimia. biasanya di bagian tengah CD dan Bagian tepian CD.
Oke, berdasarkan kondisi-kondisi di atas berikut tips untuk meminimalisir penyebab eror:
  1. Pilih CD dengan kualitas bagus, biasanya CD dengan harga sedikit lebih mahal punya kualitas yang lebih OK. Untuk beli CD ini biasakan beli di toko komputer, akan ada banyak pilihan harga dan kualitas. Jangan biasakan beli di toko alat tulis karena mungkin kualitas atau tempat penyimpanannya tidak aman untuk CD (terkena panas, tergores benda lain)
  2. Gunakan stiker CD/ CD label untuk melindungi non-recording layer / bagian yang tidak mengkilap. Karena goresan pada sisi ini dapat menimbulkan kerusakan / eror yang lebih fatal ketimbang goresan di bagian recording layer.
  3. Bila menyimpan dalam CD case / CD bag jangan terlalu penuh. Hal ini bisa menyebabkan CD melengkung, terutama CD yang ada di bagian paling luar. akhibatnya CD tidak bisa lagi dibaca oleh optic CD rom kita, gimana mau dibaca, kalau CD sudah melengkung maka spin/perputarannya pun tidak normal lagi.
  4. Pastikan CD dalam keaadaan bersih, bila perrlu lap dengan kain halus/ tisu sebelum di simpan di dalam CD case ataupun CD bag
  5. Jika sudah ada CD yang “berkarat” pisahkan dari CD yang lain, terutama kalau nyimpannya pakai CD cone / tempat CD berbentuk tabung.
Nah gitu aja tips saya kali ini MOGA BERMANFAAT BROO!!

6 Obrolan seru!

blog yang bagus

Adik'e mbak dhana 11 November 2009 at 18:47

sip deh infonya

wah.. saya sering numpuk CD nih dalam satu bag... Thank's infonya :)

nice inpoh...... mangstaff ilmu CD nya.

selamat berakhir pekan, salam hangat dari Dusun Senja :)

Mohon komentar dengan sopan, SARA atau menaruh LINK Aktif di kotak komentar tidak akan muncul
Show EmoticonHide Emoticon